Pembelajaran 3: Filosofis Pembelajaran Kontekstual
Landasan Filosofi Pembelajaran Kontekstual atau CTL Oleh: Dr. Yonas Muanley, M.Th. Landasan filosofi pembelajaran kontekstual atau CTL adalah konstruktivisme, yaitu sebuah landasan filosofis yang menekankan bahwa belajar tidak sekedar menghafal. Pembelajaran member peluang kepada peserta didik untuk mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri. Pengetahuan tidak dapat dipisah-pisahkan menjadi fakta-fakta atau proposisi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan. Filosofis konstruktivisme juga berkorelasi pada filsafat pragmatisme yang digagas oleh John Dewey. [1] Jadi, pengetahuan bukan merupakan sebuah perangkat fakta-fakta, konsep atau kaidah yang siap diambil dan diingat. Akan tetapi peserta didik harus difasilitasi untuk mampu mengkonstruksi ilmu pengetahuan tersebut dan mencari makna tersendiri menurut keadaan nyata saat atau waktu tertentu. Berdasarkan pendekatan ini, peserta didik dilatih dan dibiasakan untuk dapat memecahkan su
Comments
Post a Comment